Rabu, 02 Juni 2010

BERITA LINGGA. KOLEKSI BENDA CAGAR BUDAYA TERUS BERTAMBAH

KOLEKSI BENDA CAGAR BUDAYA TERUS BERTAMBAHPDFCetakE-mail
Ditulis oleh Redaksi , Rabu, 02 Juni 2010 08:35
LINGGA (BP) - Jumlah benda cagar budaya (BCB) yang dikoleksi Museum Mini Linggam Cahaya terus bertambah. Saat ini, jumlahnya sudah mencapai 1.897 buah. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lingga berharap dibangun museum yang representatif dan sesuai standar.

Kadisbudpar Lingga M Ishak mengatakan, jumlah BCB terus bertambah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika dibandingkan tahun 2005 lalu, jumlah BCB yang dikoleksi bertambah sebanyak  776 buah. Menariknya, BCB itu sebagian besar berasal dari masyarakat, termasuk Bupati Lingga, Daria dan sejumlah pejabat yang rela menyerahkan koleksinya.

”Selain Lingga, ada juga yang dibeli. Anggarannya melalui APBD Lingga dan APBD Kepri saat Kabupaten Lingga belum terbentuk. Tapi persentasenya kecil. Paling banyak dari masyarakat dan sumbangan,” kata Ishak, kemarin.

Ishak menyebutkan, dalam mengumpulkan BCB dari masyarakat dilaksanakan gerakan sayang BCB. Pengumpulan BCB juga tak terlepas dari kerja staf Disbudpar Lingga yang selama lima tahun melakukan pendekatan ke masyarakat yang memili koleksi BCB. Berbagai usaha dilakukan, seperti door to door juga melalui promosi.

”Media massa juga banyak membantu sehingga masyarakat merespon positif. Terkumpulnya BCB ini menjadi saksi nyata perkembangan sejarah Kerajaan Riau Lingga dan budayanya,” ujarnya.

Dijelaskan,  saat Museum Mini Linggam Cahaya belum dapat ditata layaknya museum yang standar. Namun, keberadaan museum satu-satunya di Lingga ini telah dilapor dan didaftarkan ke Direktorat Museum, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI.

”Kita ingin punya museum yang standar. Pak Bupati sudah mengajukan usulan tertulis ke Gubernur Kepri tahun 2007. Tapi hingga saat ini belum terealisasi. Kita juga gambar museum dan kesiapan lahan. Tapi belum direspon,” katanya.
Jumlah pengunjung Museum dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Sayangnya, ani
mo pelajar berkunjung ke museum masih rendah. Tahun 2009 jumlah pengunjung museum Linggam Cahaya sebanyak 3.686 orang. Perinciannya, 1.730 pengunjung dalam daerah dan 1.704 pengunjung luar daerah, serta luar negeri 252 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar